Friday, December 9, 2011

RUANG PERAWATAN KLOTER

Wakil Ketua PPIH Pelayanan Umum dan Bimbingan Ibadah Haji Subhan Cholid menyambut baik gagasan mengenai ruang perawatan jemaah haji di pemondokan untuk setiap satu kloter. “Itu akan kami masukkan ke pembahasan masalah pemondokan ke depan,” kata Subhan dalam perbincangan dengan pers di Jeddah, Selasa.
Menurut Subhan, ke depan ini setiap pemondokan yang menampung satu kloter jemaah harus dilengkapi ruangan untuk perawatan jemaah. “Dengan demikian, kapan pun jemaah mengeluh sakit, maka dia bisa segera diperiksa di ruang perawatan itu,” ujarnya.
Namun jika pemondokan tidak mampu menampung satu kloter, klinik kesehatan digabung dengan pemondokan lain yang menampung sisa jemaah kloter yang sama.
Usulan tentang ruang perawatan di pemondokan untuk setiap kloter jemaah ini dilontarkan petugas PPIH di lapangan. Mereka beralasan,tempat jemaah haji wafat terbanyak kedua adalah di pemondokan, yaitu mencapai 150 orang lebih. Terbanyak pertama jemaah wafat adalah di rumah sakit Arab Saudi yang mencapai 209 orang lebih.